Sabtu, 21 Januari 2017

RESEP DONAT KENTANG SEDERHANA EMPUK DAN LEMBUT


Resep donat kentang empuk dan lembut. Salah satu jajanan berbentuk bulat dan mempunyai lubang ditengahnya menyerupai cincin dinamakan kue donat. Donat sendiri terdiri dari bermacam-macam jenis, mulai dari donat kampung, donat kentang,donat goreng, donat jco, dan sebagainya. Ternyata tidak hanya jenis donatnya saja loh bunda yang bermacam-macam, toping yang terdapat pada donat juga beraneka ragam. Sehingga membuat tampilan kue donat menjadi lebih menarik dan menggugah selera.

Sebagian orang mungkin beranggapan membuat donat itu susah, namun jika sudah mengetahui cara membuat donat dengan benar, maka membuat donat tidak sesulit yang dipikirkan. Daripada berpikiran tentang sulitnya membuat donat, ada baiknya bunda langsung mencobanya sendiri dirumah. Nah berikut ini adalah langkah-langkah cara membuat donat kentang mulai dari bahan hingga cara mengolahnya.

RESEP DONAT KENTANG

BAHAN DONAT KENTANG :

500 gram tepung terigu protein tinggi4 butir kuning telur250 gram kentang100 gram gula pasir100 gram mentega100 ml air dingin50 gram susu bubuk full cream11 gram ragi instan1 liter minyak goreng1/2 sendok teh garam

TOPPING DONAT KENTANG :

50 gram mentega50 gram meses50 gram gula halus

CARA MEMBUAT DONAT KENTANG :

Langkah pertama rebus kentang hingga lunak dan matang, kupas kulitnya dan potong kentang menjadi kecil-kecil, tumbu hingga halus.Masukkan tepung terigu kedalam baskom, tambahkan gula pasir, susu bubuk, dan ragi instan kedalamnya, aduk-aduk hingga merata. Lalu masukkan kentang yang telah halus kedalam adonan, aduk-aduk lagi hingga rata.Tambahkan kuning telur dan air dingin, aduk hingga rata. Setelah rata tambahkan mentega dan garam, aduk dan remas-remas adonan dengan tangan hingga adonan tidak menempel lagi ditangan.Tutup adonan dengan serbet basah selama 30 menit agar adonan mengembang, setelah itu bentuk adonan seperti cincin (bulat dengan lubang ditengahnya).Taruh donat yang telah dibentuk diatas piring atau wadah yang telah ditaburi sedikit tepung sebelumnya. Setelah selesai diamkan donat selama 20 menit.Sambil menunggu, panaskan minyak lalu goreng donat sambil diputar-putar dengan menggunakan sumpit, goreng donat hingga berwarna kuning kecoklatan.Selanjutnya tiriskan donat yang telah matang, kemudian oleskan donat dengan mentega, lalu tempelkan donat diatas meses. Selain meses bisa juga donat ditaburkan dengan gula halus.Langkah terakhir taruh donat diatas piring dan donat kentang siap untuk dihidangkan.

Sekian resep donat kentang empuk dan cara membuatnya. Bunda dapat segera mencobanya dirumah dan rasakan sensasi cara membuat donat sendiri. Setelah mencoba bunda tentu akan merasakan kepuasan tersendiri, karena telah berhasil membuat donat kentang yang empuk dan lembut. Terima kasih dan selamat berkreasi.

Sumber: https://resepnona.com/resep-donat-kentang/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar